Pahit Rasanya, Manis Bisnisnya; Mengenal Kopi Indonesia

oleh: mujab.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan kopi. Kopi tumbuh di berbagai pulau di Indonesia. Ada yang tumbuh di dataran menengah ada pula yang di dataran tinggi.

Ada dua jenis kopi yang banyak dikenal di Indnesia dan beberapa negara lain di dunia; Robusta dan Arabica. Kedua jenis kopi ini memiliki citarasa yang khas sehingga keduanya dengan mudah bisa dibedakan.

Infografi kopi.Klik untuk perbesar
Selain dua jenis kopi sebagaimana di sebutkan atas, rasa kopi juga dipengaruhi oleh iklim, jenis tanah, ketinggian dan beberapa aspek lainnya. Maka kemudian kopi memiliki rasa dan aroma berbeda dari daerah satu dengan daerah yang lain.

Perbedaan aroma dan rasa kopi antar daerah ini menguntungkan karena setiap daerah bisa menyuguhkan kopi sebagai hidangan minuman khas dari beberapa daerah. Sebut saja kopi lampung,kopi aceh, kopi jawa, kopi FLores, dan seterusnya.

Di bagian lain Kopi juga bisa dibedakan dari cara penyajiannya. Maka muncullah kopi hitamatau black coffe, espresso, cappucino,latte, hingga kopi klothok. Sebagian orang jawa bahkan menggunakan kopi sebagai obat dengan menambahkan sedikit garam pada kopi hitam. Ada juga kopi istimewa karena proses pengolahannya, kopi luwak.

Dalam bisnis, kopi menjadi bisnis menggiurkan. Berbagai merek besar dunia besar karena kopi, baik yang menjual bubuk kopi ataupun sebagai kedai atau warung kopi. J.CO, Starbucks, Dunkin' Donuts, Coffee Beanery, Tim Hortons, untuk sekedar menyebut kedai kopi sebagai perusahaan berskala international. 

Di aras lokal kita dengan mudah menemui kedai kopi tersebar di seantero nusantara, mulai dari cafe, minishop hingga angkringan. Ini belum termasuk perusahaan yang khusus mengolah biji kopi menjdi bubuk kopi dan menjualnya.

Infografi di disebelah ini membantu kita mengenal kopi, sebagaimana dilansir cnn indonesia. Selamat menikmati.

mujab: Penikmat kopi, tinggal di Salatiga
sumber infografi: cnnindonesia
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar